Logo BEM UNS 2020
DaTalks

Hasil Survei Kampus Merdeka

BEM UNS Minggu, 26 Juli 2020

Yuk simak gimana pengetahuan kita sebagai mahasiswa UNS terhadap konsep kampus merdeka.
Hasil Survei Kampus Merdeka

Tugas Perguruan Tinggi adalah mencetak mahasiswa sebagai pemimpin masa depan, pelaksana proses pembelajaran dan pencetak karakter. Upaya untuk mewujudkannya memerlukan sebuah kebijakan baru yang sesuai dengan tantangan masa depan. Kampus Merdeka merupakan bagian kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kebijakan Kampus Merdeka ada beberapa point yang mendapatkan perhatian publik, terutama bagi kalangan civitas akademik. Empat point tersebut adalah pembukaan Program Studi baru, sistem akreditasi Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), dah hak belajar tiga semester di luar Program Studi.

Penerapan kebijakan tersebut mulai dilaksanakan di berbagai Perguruan Tinggi, salah satunya di Universitas Sebelas Maret. Perlunya dilakukan pengawalan dalam bentuk pencerdasan bagi mahasiswa, kesiapan pelaksanaan dan penerapannya di lapangan agar sesuai dengan tujuan awal yaitu memerdekakan hak belajar bagi mahasiswa.

Menurut Menteri Pendidikan, bapak Nadiem Makarim mengatakan bahwa kita memasuki era dimana gelar tidak menjamin kompetensi, kita memasuki era dimana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya. Kita memasuki era dimana akreditasi tidak menjamin mutu, kita memasuki era dimana masuk kelas tidak menjamin belajar. Oleh karena itu, perlunya mengetahui kondisi kesiapan universitas dalam peneran Kampus Merdeka.

Dokumen di atas juga bisa kamu unduh lewat tautan berikut ini, ya: unduh dokumen