Logo BEM UNS 2020
Kajian Akademik

Kajian Kampus Merdeka

BEM UNS Kamis, 31 Desember 2020

Kajian Kampus Merdeka

Kebijakan Kampus Merdeka : Merdeka Belajar yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim yaitu mengatur tentang PTN BH, sistem akreditasi perguruan tinggi, pembukaan program studi baru dan hak belajar tiga semester diluar program studi.

Baru-baru ini, Mendikbud dalam mencapai tujuannya menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan utama pada transformasi Pendidikan Tinggi. Indikator Kinerja Utama (IKU) mencakup akan kualitas lulusan, kualitas kurikulum, dan kualitas dosen dan pengajar.

Pengawalan Kampus Merdeka dalam Universitas merupakan hal yang penting. Kebijakan yang dikeluarkan akan mempengaruhi kegiatan mahasiswa, kurikulum, sarana dan prasarana, akademik, dan biaya pendidikan.

Kegiatan yang dapat diambil mahasiswa dalam program Merdeka Belajar adalah pertukaran pelajar, magang, penelitian, asistensimengajar, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi independen, KKN tematik, pelatihan militer, dan bentuk lain yang ditetapkan oleh rektor.

Selengkapnya unduh dalam Kajian Kampus Merdeka atau baca melalui lampiran di bawah ini.