Advokasi Terpadu

Merapi Siaga? Jangan Panik!

BEM UNS Sabtu, 4 April 2020

Poster: Merapi Siaga: Tetap Waspada, Jangan Panik!

Data BNPB status Gunung Merapi berada pada level II (Waspada). Pada bulan Maret kemarin, Gunung Merapi sudah beberapa kali erupsi, lo. Eits tenang, jangan panik, guys. Sebagai mahasiswa kita harus tanggap dan sigap menangani bencana yang ada disekitar kita, salah satunya gunung meletus. Di postingan kali ini ada beberapa informasi yang harus kamu ketahui nih untuk mengantisipasi aktivitas Gunung Merapi.

Siap Siaga Sebelum Gunung Meletus
  1. Kepoin terus informasi terbaru seputar aktivitas gunung yang sedang erupsi melalui berbagai media, ya, seperti media sosial, radio, dan televisi.
  2. Siapkan barang yang perlu dan mudah dibawa misalkan si gunung ini jadi meletus, ya.
  3. Siapkan makanan yang praktis dan mudah disajikan selama berada di tempat evakuasi.
  4. Segera evakuasi diri sesuai petunjuk petugas jika sudah ada interuksi, ya. Jangan mager!
  5. Pelajari jalur evakuasi dan tahapan proses erupsi supaya kamu lebih siap.
Siap Siaga Ketika Gunung Meletus
  1. Lindungi diri kamu dari abu vulkanik dan beragam dampak lain yang ditimbulkan dari erupsi.
  2. Tunggu dan persiapkan diri untuk evakuasi susulan.
  3. Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuhmu, ya, seperti jaket, celana panjang, dan topi.
  4. Jangan lupa masker untuk melindungi hidung dan mulut kamu.
Siap Siaga Setelah Gunung Meletus
  1. Jauhi wilayah yang terdampak erupsi.
  2. Hindari pemakaian kendaraan yang terdampak erupsi, seperti kehujanan abu vulkanik yang ternyata bisa merusak mesin, lo.
  3. Ketika keadaan sudah kondusif dan aman, segera bersihkan lingkungan tempat tinggal kamu, seperti atap rumah yang mungkin bisa roboh karena berat timbunan abu vulkanik.
  4. Jangan lupa, ulurkan juga tanganmu untuk (membantu) orang lain yang membutuhkan, seperti ibu hamil, lansia, dan orang difabel.
Bingung Mau Kepoin Si Doi Lewat Apa? InaRISK Aja!

logo inarisk

Nah, kamu mungkin bingung mau pantau aktivitas si gunung lewat apa, kan? Kenalin nih, InaRISK Personal, aplikasi besutan BNPB yang punya segudang informasi tingkat bahaya berbagai wilayah dan dilengkapi rekomendasi aksi yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk tindakan antisipatif. InaRISK juga punya informasi tentang potensi bencana di berbagai daerah dan informasi seputar bencana, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, tsunami, dan gunung meletus.

Gimana Cara Kerja InaRISK?

Platform ini akan mendeteksi seberapa besar potensi bencana di wilayah kamu lewat pengaturan lokasi yang sudah kamu tetapkan. Kamu juga bisa kepoin potensi bencana daerah lain, lo. Wah, keren, kan.

Wah, Aku Mau Coba dong!

Platform InaRISK bisa kamu akses melalui tautan http://inarisk.bnpb.go.id/ atau unduh aplikasinya di smartphone kamu lewat Google Play Store.