Risalah Kebijakan Kampus
Kajian Akademik

Risalah Kebijakan Kampus

BEM UNS

Kondisi pandemi yang tengah melanda seluruh dunia menghadirkan kebijakan baru khususnya di Bidang Pendidikan pada Perguruan Tinggi Indonesia.

Perubahan sistem yang semula bertatap muka beralih pada komunikasi jarak jauh. Tak mudah tentunya. Maka kemampuan beradaptasi dengan keadaan adalah hal yang utama.

Metode terbaru dan bahkan di luar nalar pun dibutuhkan selagi masih dalam koridor kebermanfaatan. Tujuannya untuk mengawal setiap perubahan kebijakan yang ada.

Tercatat selama pandemi, Universitas Sebelas Maret mengeluarkan banyak kebijakan baru seperti perkuliahan daring, wisuda online, KKN COVID – 19, bantuan pulsa dan logistik, pembayaran jaket almamater, keringanan COVID, sanggah SPI, pembebasan UKT dan masih banyak lagi.

Fokus dengan isu kebijakan kampus yang terus bergulir. Tentunya tidak hanya soal hal –hal teknis di lapangan. Tapi bagaimana kebijakan tersebut akhirnya lahir dan mempengaruhi kesejahteraan dari mahasiswa sebagai entitas terbesar dalam kampus.

Buku yang berjudul “Risalah Kebijakan Kampus – Kumpulan Naskah Akademik BEM UNS 2020” ini sebagai bukti dari sebuah pengawalan panjang dan berliku selama satu tahun.

Kementerian Analisis Kampus dan Pendidikan Tinggi berkolaborasi dengan Forum Bersama Kebijakan Kampus BEM se-UNS dan Aliansi UNS Bergerak menorehkan karya bersama.

Seluruh pencapaian tersebut tercatat di buku ini dalam bentuk kajian, naskah akademik, draf uji materi hingga policy brief.

Banyak pelajaran yang dapat diambil bersama sebagai bagian dari setiap pengawalan isu. Namun begitu, tidak cukup sampai disini.

Masih banyak pengawalan berkelanjutan yang harus diteruskan bersama. Tentunya bukan dengan opini belaka, namun melalui sebuah kajian yang berlandaskan pada intelektual dengan kinerja cendikiawan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments