Notulensi Webinar “Dampak COVID-19 terhadap UMKM di Indonesia”
Rilis

Notulensi Webinar “Dampak COVID-19 terhadap UMKM di Indonesia”

BEM UNS

Kamis (9/4) lalu, telah dilaksanakan web seminar melalui aplikasi Zoom. Tema yang diulas adalah “Dampak COVID-19 terhadap UMKM di Indonesia (Khususnya Solo Raya). Webinar ini merupakan kegiatan kolaborasi FIM Solo Raya, BEM UNS, dan Mata Garuda Solo (Komunitas mahasiswa LPDP di Solo). Pembicara yang dihadirkan dalam webinar ini adalah,

  1. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (Founder OK OCE, Pengusaha Indonesia, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2018)
  2. Achmad Zaky (Founder BukaLapak, alumni FIM 7)
  3. Prof. Dr. Ir. Darsono, M. Si (Tim ahli ekonomi Indonesia Raya Incorporated (RII), Wakil rector bidang 3 UNS 2015-2019, dan Guru Besar Agribisnis FP UNS)
  4. Raden Kunto Adi, S.P, M.P (Ketua ICSB kabupaten Sukoharjo, Konsultan UMKM, Pengurus ABDSI, Dosen Agribisnis FP UNS)
  5. Sutarmo, S.E, M.Pd (Kepala dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah Kab. Sukoharjo, Dosen FKM Univet Bantara Sukoharjo)

Sesi Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Salahuddin Uno dalam closing statement-nya mengatakan, “Saya memiliki satu semangat dan satu optimisme bahwa kita bersama-sama akan mampu keluar dari badai ini. Kuncinya adalah kita harus bersatu, kita harus mampu untuk menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat ekonomi kita. Kita bisa memulai dari hal-hal yang kecil, bisa dimulai dari kita sendiri. Dan saya yakin seperti tadi ada saudara kita yang memerlukan bahan baku, dengan seluruh jejaring yang ada, dari BukaLapak, melalui pemerintah, kita dapat membuka peluang yang sangat besar untuk saling membantu selama masa sulit ini. Negeri yang sangat kaya raya ini, yang juga memiliki Sumber Daya Manusia yang berlimpah, kita harus bisa memanfaatkan Covid-19 ini untuk mere-formulasi system  perekonomian Indonesia, system kemandirian kita. Kita bisa, bersama-sama melawan Covid-19 ini. Sukses.”

Beliau juga memaparkan Vita-Preneur, Tips Imunitas UMKM di Tengah Ancaman Wabah yang meliputi lima poin untuk UMKM agar bisa bertahan di tengah ancaman wabah.

Simak Video Webinar di sini:

Baca Juga: Pandemi COVID-19 dan Stabilitas Ekonomi Nasional

Mas Achmad Zaky pun ikut memberikan pesan untuk para aktivis generasi muda, “Buat temen-temen para aktivis generasi muda, kalianlah yang sekarang sedang menghadapi masalah ini. Di usia yang sangat muda, namun kalian sudah dihadapkan dengan masalah yang dapat dikatakan black swan atau kejadian yang sangat langka terjadi. Saya yakin pada teori saya tadi, bahwa dibalik kesulitan yang besar itu akan lahir sebuah generasi-generasi yang luar biasa kreatif karena dengan segala keterbatasan. Cari celah atau inovasi yang baru yang belum terpikirkan oleh umat manusia sebelumnya. Saya yakin ide-ide dan inovasi baru sangat dibutuhkan. Lebih dari itu, corona ini akan memberikan trauma yang besar dan akan pulih dalam jangka waktu yang lama. Maka bertahanlah, be creative, be innovative.”

Notulensi bisa kamu kamu simak di bawah ini:


5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments