Notula Audiensi SPI dan UKT
Rilis

Notula Audiensi SPI dan UKT

BEM UNS

Kita telah mendekati masa tahun ajaran baru dan sedang bergerak dalam masa penerimaan mahasiswa baru. Sebagai mahasiswa UNS, pastinya kita akan selalu diingatkan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sedangkan untuk mahasiswa baru pada jalur seleksi mandiri akan mengenal istilah Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Lantas bagaimana mekanisme dan kebijakan kampus terkait kedua hal ini?

Bulan Maret yang telah lalu, Indonesia mengonfirmasi status pengidap COVID-19 untuk pertama kalinya. Dampaknya yang luar biasa akhirnya menuntut banyak institusi, terutama UNS untuk beradaptasi dan ikut andil dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 ini. Oleh karena itu, semester genap lalu mahasiswa UNS menjalani separuh lebih kegiatan pembelajaran dalam keadaan daring. Dan menurut Surat Edaran Nomor 42/UN27/SE/2020 Tentang Pelaksanaan Aktivitas Akademik Universitas Sebelas Maret dalam Tatanan Normal Baru pada Semester Gasal 2020/2021, perkuliahan dijalankan dengan metode daring untuk mata kuliah teori dan mata kuliah praktik.

Berhubung semester depan mahasiswa UNS kembali menjalani kuliah daring yang notabene tidak menggunakan fasilitas kampus dengan maksimal, bagaimana kebijakan UKT dan SPI dari rektorat terkait hal ini? Nah, di bawah ini adalah hasil audiensi SPI dan UKT yang telah dilaksanakan bersama jajaran rektorat, yaitu:

  1. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S (Wakil Rektor Bidang Akademik)
  2. Dr. Bandi, M.Si., Ak. (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan)
  3. Dr. Sutanto, S.Si, DEA. (Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Pengembangan Usaha.)

Notula Audiensi

Seperti apa sistem atau mekanisme SPI tahun ini?

Dasar pemikiran menerima mahasiswa dari jalur mandiri adalah mahasiswa membayar SPI berarti membawa fasilitas sendiri. SPI ini akan dipakai untuk menunjang sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana perkuliahan, mendukung standar kegiatan internasional, dan kegiatan kemahasiswaan baik nasional maupun internasional. Berdasarkan UU 12 Tahun 2012, pemerintah mengizinkan pembiayaan perguruan tinggi negeri melakukan akselerasi. Dasar hukumnya adalah Permenristekdikti Nomor 39 Tahun 2017 tentang BKT dan UKT dan Peraturan Rektor UNS Nomor 14 Tahun 2019 tentang Persyaratan, Tata Cara, dan Biaya Pendidikan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Diploma Jalur Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret Tahun 2019

Apakah ada perbedaan UKT dan SPI dengan tahun sebelumnya? (Mekanisme dan Nominal)

Kebijakan yang menghitung besarannya UKT dan BKT adalah program studi berdasarkan analisis CSA. Hal ini disebabkan kebutuhan program studi yang mengacu pada biaya UKT. Kemungkinan mekanisme dan nominal nya sama saperti pada tahun 2019.

Apakah nominal range SPI berbeda dengan tahun sebelumnya?

Kurang begitu mengetahui, data bisa didapatkan dari SPMB dan pada Peraturan Rektor (misal ada perubahan akan keluar peraturan baru).

Apa dasar penentuan nominal SPI pada masing-masing range?

Prediksi penentuan SPI harus ada perhitungannya seperti filosofi, peraturan, dan implementasi dari Seleksi Mandiri yang mempengaruhi pengambilan kebijakan dan penerapan SPI. Dana SPI terserap 100 % ke dalam fakultas dan yang menerima SPI ada 11 fakultas dan 1 sekolah vokasi. Nominal yang terbesar SPI diterima oleh Fakultas Kedokteran yaitu sejumlah 6 miliar rupiah. Penggolongan SPI mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri tetap berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan di masing-masing fakultas. Pemberian nominal SPI bukan menjadi salah satu hal yang menjadi penentuan penerimaan mahasiswa baru. Hal yang dipertimbangkan adalah dari segi nilai, prestasi, dan faktor ekonomi meskipun mahasiswa baru memilih SPI 0 rupiah. Adanya perbedaan golongan SPI bertujuan agar mahasiswa dapat memilih golongan SPI nya sendiri.

Seperti apa alokasi SPI kedepannya?

SPI dialokasikan ke fakultas sesuai usulan fakultas/unit/lembaga yang diketahui. Pengalokasian SPI ada pertimbangan urgensi melalui RKPU dan rapat bersama dekan. Prioritas penggunaan seperti usulan fakultas/unit/lembaga atas pertimbangan urgensinya. Contohnya UPT TIK yang membutuhkan server penunjang sarana prasarana. SPI yang dialokasikan ke Fakultas hampir mendekati 80%, namun bukan 100% SPI. Alokasi dana SPI dibagi bersama untuk Laboratorium, UPT, dan mahasiswa. Tahun 2019 total jumlah kegiatan kemahasiswaan yang didanai SPI adalah sekitar 2243 mahasiswa yang mendapatkan alokasi kegiatan bersumber dari dana SPI.

Apakah ada kuota Bidikmisi atau Bantuan KIP-K untuk jalur Seleksi Mandiri?

Kuota Bidikmisi jumlahnya belum pasti dan teknisnya akan diatur oleh Dirjen Pendidikan Tinggi. Apabila ketentuan dan teknis untuk tahun ajaran baru ini belum ada, maka teknisnya mengikuti tahun ajaran sebelumnya.

Apakah penentuan golongan UKT di jalur Seleksi Mandiri sama dengan tahun sebelumnya?

Tahun 2019, UKT dan SPI tercantum dalam Peraturan Rektor Nomor 14 Tahun 2019. Tahun 2020, akan ada Peraturan Rektor terkait UKT dan SPI yang baru, apabila tidak ada maka Peraturan Rektor Nomor 12 Tahun 2019 tetap berlaku. Jalur Seleksi Mandiri UNS ada 4 sub jalur yaitu:

  1. Jalur Ujian
  2. Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan: nilai UTBK atau nilai UTUL UNS.

  3. Jalur Kemitraan
  4. Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Nota Kesepahaman (MoU)/ perjanjian kerja sama dengan UNS.

  5. Jalur Prestasi
  6. Jalur ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang mempunyai prestasi akademik maupun non-akademik (olimpiade, sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, seni, dan Hafidzatul Al-Qur’an).

  7. Jalur Disabilitas
  8. Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang mempunyai kemampuan akademik memungkinkan untuk dapat menyelesaikan pendidikan tinggi.

Kuota mahasiswa baru jalur seleksi mandiri tahun 2020 sama seperti tahun 2019. Penerimaan SPI dari mahasiswa tidak sepenuhnya dapat 100% karena tingginya angka mortalitas dari Seleksi Mandiri. Hal ini yang mengganggu perencanaan keuangan Universitas. Adanya angka mortalitas yang tinggi pada jalur Seleksi Mandiri, dapat menyebabkan defisit pada Rancangan Belanja Anggaran (RBA). Maka dari itu, tahun 2020, Seleksi Mandiri dibagi menjadi 4 jalur. Teknis penentuan UKT dan SPI jalur Seleksi Mandiri masih menunggu Peraturan Rektor. Penggolongan UKT yang tinggi pada jalur Seleksi Mandiri didasarkan pada filosofis menutupi kekurangan anggaran pada seleksi mahasiswa baru. Mahasiswa baru diterima dengan kemampuan yang mencukupi dan mempunyai dana untuk membiayai fasilitas perkuliahannya sendiri.

Bagaimana nasib UKT dan SPI yang sudah dialokasikan di masa pandemi?

UKT dan SPI sudah dialokasikan ke tiap Fakultas. Tiap Fakultas dan Prodi sudah membagi anggaran sesuai porsinya masing-masing. Anggaran kemahasiwaan untuk kegiatan kemahasiswaan yang tidak terselenggara akibat pandemi seharusnya dapat digantikan dengan kegiatan yang memungkinkan untuk diselenggarakan sehingga anggaran dapat terpakai, karena anggaran kemahasiswaan tidak dapat dibagi untuk hal yang lain. Anggaran lain yang tidak terpakai seperti anggaran dinas, konsumsi, dan lainnya seharusnya dikumpulkan untuk dialokasikan ke hal lain. Pembayaran listrik dan air terjadi pengurangan tidak mencapai 600 juta rupiah.

Apakah ada tambahan subsidi kuota internet mahasiswa?

Pihak Universitas baru mencari anggaran mana yang bisa untuk dialokasikan untuk mensubsidi kuota internet mahasiswa.

Apakah mahasiswa jalur seleksi mandiri dapat melalukan sanggah UKT?

Mahasiswa jalur seleksi mandiri terdapat golongan UKT yang berbeda dan lebih tinggi nominalnya, namun tetap dapat melalukan sanggah UKT.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments